Deskripsi Gambar deskripsi gambar Deskripsi Gambar
+++ INDONESIA SANGAT BUTUH PERUBAHAN. FOR ADIL DAN MAKMUR BUAT SEMUA PILIH AMIN NO.1 TGL 14 Februari 2024 +++

Pompa AIR Brisik

Pompa air dirumah saya, saat dihidupkan suara mesin pompa air berisik mendenguuung panjang tiada henti sehingga air pam ditempat penampungan bak tidak dapat disedot ke atas toren penampungan perlu diketahu mesin pompa air saya berjenis otomatis yang menggunakan pelampung sebagai pengontrol ON/Off nya. Akhirnya saya mencoba mengutak ngatiknya alias memperbaiki sendiri pompa air berisik yang berdenghuuuung itu, ternyata sangat mudah sekali memperbaik pompa Anda mau tahu solusinya.

Solusi Pompa Air

Pertama Sangat Mudah dilakukan:
Saya Buka kotak yang menempel pada badan mesin pompa air menggunakan obeng cengkeh lalu buka bautnya satu persatu setelah itu saya cari dan Cek kapasitor yang berbentuk bulat panjang atau segi empat bewarna putih (ada juga bewarna hitam dan silver) Ternyata ada tanda terbakar warna hitam dan ada cairan dibawahnya ini menunjukkan kapasitor itu sudah tidak dapat bekerja secara normal dan tanda lainnya kapasitor membuncit/gelembung solusinya ya harus diganti kapasitor tersebut sekarang juga setelah itu saya lepaskan dari bodi pompa air dengan cara memotong kabelnya pendek saja dari kepala kapasitor.Kemudian saya bergegas ke toko pompa air atau toko listrik untuk membeli kapasitor yang baru dengan membawa contohnya agar ukuran watt dan ampernya sama yang saya gunakan.

pompa air berisik, pompa, pompa air,mesin pompa otomatis, kapasitor pompa air, anda ingin tahu
Kapasitornya sudah dibeli, Saya ambil kapasitor yang baru dibeli tadi lalu menyambungkan kabelnya ke kabel badan mesin pompa air berisik tadi, untuk warna coklat disambung dengan warna coklat, yang biru disambung dengan warna biru dengan memilinnya kuat-kuat kemudian lapisi kabel itu dengan selotip warna hitam. Tujuan agar setiap kabel tidak boleh saling bersentuhan yang bisa mengakibatkan koslet untuk itu gunanya selotip wae. Setela tersambung semua terakhir Tutup kotaknya pasang kembali semua bautnya, Selesai sudah. 

Sekarang saya mau Hidupkan Pompa air yang brisik dan berbunyi denguung tadi, apakah suara nya sudah menghilang dan mesin pompa sudah berjalan norma kembali?
Baik saya sambungkan kabelnya ke stop kontak listrik lalu Start..mesin pompa hidup normal dan semua suara tadi menghilang..saya Berhasil..berhasil, Sementara itu air terus disedot ke atas penampungan air.

Sangat Mudahkan, dengan demikian Anda juga dapat memperbaiki sendiri pompa dirumah tanpa perlu memanggil Tukang pompa air untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat bagi yang mempraktekkannya.

Solusi kedua Bilamana Pompa Air Mati Total
Jika solusi pertama ternyata kapasitornya masih berfungsi dengan baik, sedangkan anda atau saya menggunakan mesin pompa air otomatis yang on dan offnya dikontrol oleh pelampung didalam tangki penampungan. Pertama cek kabel menuju stop kontak jika masih bagus atau tidak putus berarti kedua cek Pengontrol pelampung di dalam penampungan air diatas, biasanya tali pelampungnya putus sehingga on dan off start tidak bekerja solusinya segera ganti tali yang baru jangan lupa dibersihkan duluu pelampungnya kemudian baru diikat. Jika pelampungnya tidak bermasalah berarti saya atau anda harus menganti kotak pengontrol pelampung yang melekat di bodi atas toren dengan pengontrol pelampung yang baru, itu saja yang dilakukan. setelah di hidupkan Sekarang pompa airnya sudah jalan seperti biasa.

Jika solusi 1 dan 2 mesinnya masih mati juga
berarti dinamo mesinnya rusak/terbakar, segera Ganti motor dinamonya dengan yang baru atau gulung baru dinamonya ke service dinamo kemudian pasang kembali dinamo mesin yang baru atau sudah digulung tadi. Lihat mesin pompa air sudah hidup normal lagi.

Kesimpulannya
Yang menyebabkan Pompa Air berisik bersuara denguuung terus adalah
1) Ukuran nilai Kapasitornya Sudah menurun solusi Ganti yang baru
2) kapasitornya terbakar atau Rusak berat juga ganti yang baru
3) Cek kabel stop kontak jika bagus ke yang berikutnya
4) Ganti Tali Pelampung yang putus dengan yang baru (jika mesin mati total)
5) atau Ganti alat sensor pengontrol pelampung yang baru ( jarang terjadi)

Catatan Jika pompa air bersuara berisik/kasar saja tanpa ada denguung, yang harus diperbaiki
1. Ausnya Bearing dan rusak (klaher) segera anda ganti yang baru.
2. Ausnya Impeler karna gesekan (kipas hisap) air tidak keluar segera ganti yang baru.
3. Pendingin Kipas/Fun bersentuhan sama cover. segera ganti yang baru.
4. bautnya ada yang mau copot/kendur. segera kencangkan baut pada mesin nya.

Untuk pengamanan biasanya pompa air mati bila terlalu lama berbunyi brisik sampai panas mesin meningkat sehingga alat pengatur temperatur pada mesin pompa memutuskan sambungan listriknya dan mesin jadi mati setelah mesin dingin mesin pompa air akan bekerja normal kembali, untuk itu segera atasi dan ganti bearing atau impler yang aus tadi sekarang juga.

Terakhir bila pompa air saat dihidupkan tidak menghisap dan tidak mengeluarkan air, solusinya ini disebabkan karet pada foot klep yang ada pernya sudah rusak dan berlobang hal inilah mesin tidak dapat menghisap mengelaurkan air, untuk itu ganti foot klepnya yang baru dengan cara membuka tutup mesin lepaskan semua karna foot klep letaknya paling ujung dalam lalu gantilah dan pasang kembali apa saja yang sudah anda copot tadi sesuai urutannya semula.

Semoga berguna buat rumah tangga anda yang ingin memperbaiki sendiri mesin pompa airnya tanpa bantuan tukang dengan mudah dan berhasil dan setelah membaca ulasan ini semoga Pompa Air berisik Tidak terdengar lagi bunyinya..