Deskripsi Gambar deskripsi gambar Deskripsi Gambar
+++ INDONESIA SANGAT BUTUH PERUBAHAN. FOR ADIL DAN MAKMUR BUAT SEMUA PILIH AMIN NO.1 TGL 14 Februari 2024 +++

Cara Membuat dan memasak Lema/Lemea/Rebung Rejang Serta Khasiat Rebung

Lema/lemea/Rebung

Lema|lemea|rebung, Khasiat Rebung, Anda Ingin Tahu, Anda Ingin, Rejang, Curup
Pilih Jenis Rebung kuning  Cita Rasanya Enak
Lema/lemea/Rebung dalam bahasa Rejang adalah makanan yang terbuat dari tunas dari bambu muda tingginya sekitar 1 meter yang disebut Rebung yang dicincang dan digabung dengan ikan seperti ikan putih, mujair kemudian diproses secara fermentasi selama 3 hari, setelah itu baru bisa digunakan buat memasak. Selain itu Lemea mempunyai cita rasa yang asam juga pede(pedas), memilik bau yang khas dan cita rasa yang lezat dan nikmat  setelah anda memasaknya terlebih dahulu. Anda akan Berkata..More..More

Lema ini merupakan masakan khas suku Rejang dengan baunya yang menyengat tapi sedap disantap makan dengan lalapan petai, jengkol, dan kabau, apalagi jika anda pandai mengelolanya buat dijadikan masakkan, bisa buat sambel Lema, lumpia isi Rebung, Lema dalam kaleng dan kreasi lainnya, Bahkan Lema ini di exspor ke negara Jepang dalam bentuk jadi kemasan kaleng yang dibuat secara modern, Lema/rebung ini sangat Sangat disukai di Jepang sebagai Makanan Yang Sangat Favorit yang ini masih belum banyak diketahu suku Rejang. Kalau tahu Tentu ikutan bisnis Lema/Lemea/Rebung Asli Rejang diekspor ke jepang. Tentu saja Dapat Uangnya Sangat Besar. Ayo, Tun Rejang Take Action,Now!

Bacaan Menarik Baca=> Aksara Suku Rejang 

Cara Pembuatan lema 

Proses Pembutan min 3 hari maximal 6 hari, Langkah-langkahnya: 
*) Ambil Bambu muda lalu dibersihkan sampai bersih banget setelah itu potong-potong kecil-kecil bisa berbentuk sigi empat atau dicincang.

*) Masukkan rebung yang dipotong tadi ke wadah seperti ember/baskom lalu tambahkan air setelah itu baru direndamken selama 2 malam.

*) setelah 2 malam rendaman rebung itu maka air rendaman harus dibuang. Sekarang ganti dengan air bersih yang baru dan di + sama rempah-rempah yang terdiri dari :

- Air Rebusan ikan (ikan yang biasa digunakan adalah ikan sungai seperti ikan Putih) menggunakan ikan mujair,sepat juga bisa namun biasanya kualitas lema nya akan kurang baik berdasar pengalam yang membuatnya.

- Ambil Serai satu batang 

- Cabe merah 5 buah dipotong jadi 2 

- Nasi satu genggam kecil

*) Semua rempah rempah tadi dimasukan dalam rendaman lema tadi + air rebusan ikan + ikannya.

*) Sekarang Tunggu selama 3 malam

*) setelah Proses fermentasi ini membutuhkan waktu selama 3 malam lamanya, setelah itu lemea sudah dapat diolah menjadi masakan lema, seperti sambel lema yang terkenal itu.

Catatan :
Buat bahan dasar Terbaik menggunakan rebung dari jenis bambu kecil, jika pilih rebung dari bambu jenis besar juga dapat dibuat lema tetapi kualitasnya tentu saja tidak sama. Jika anda tidak ada waktu membuat anda bisa membelinya atau pesan dibengkulu tepatnya dicurup kab.Rejang Lebong asli buatannya atau sebagian ada juga yang menjual di supermarket besar dalam bentuk kaleng stock nya terbatas sih.

Cara Mudah Membuat sambel Lema/Rebung Yang Nikmat.


Bahan-bahan sambel lemea (rebung) meliputi:

1-2 bungkus/1 toples lema(rebung) yang sudah anda beli.
Satu buah ikan sarden besar
Enam buah cabe merah besar
Empat siung bawang merah
Dua siung bawang putih
satu batang serai segar
Ya, garam + gula secukupnya
Dua sendok makan minyak buat tumis

Cara buatnya, Mudah kali.

Giling/Uleg cabenya + bawang merah + putih. 
DiGeprek serai pada uleg sampai gepeng. 
Tumis bumbu sampe harum lalu masukkan rebung
Jangan lupa tambahkan air + garam + gula.
Setelah mendidih masukkan ikan tunggu sapai mateng.
Setelah masak boleh dirasakan dulu masakkan jika sudah sedap, Anda hidangkan Lemea/lema/Rebung yang Nikmat itu ke meja Makan + Petai, jengkol atau kabau, emmm..aahh sedappp nyooo!!! Kata Tun Jang.. Kata orang rejang.. saya sih cuma dengerin saja.. oohh tun artinya Orang.
Pasti Makannya Minta Tambah..More...silakan Buktikan Sendiri..

Catatan Tambahan: Lemea ini sangat nikmat Jika Kita masak menggunakan santan kelapa + dengan ikan air tawar maupun ikan laut yang anda sukai, Kalau tanpa campuran juga sedap hanya sambel Lema/rebung saja itu sudah cukup.
Sekarang sudah beredar Sambal Lemea Per botol harga Rp 15.000 yang diProduksi UKM Pat Petulai Curup. Jadi anda bisa bawa kemanapun anda pergi Sambel Lema ini.

khasiat Rebung Luar Biasa

yang disadur dari organicfacts.net.

1. Rendah gula
Jumlah gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram. 

2. Sumber Protein
100 gram rebung memiliki sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

3. Kaya vitamin dan mineral
Rebung mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat. Dan mineral yang ditemukan dalam rebung meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Tinggi serat
Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.

5. Merangsang nafsu makanan
Rebung tinggi selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka.

6. Mengontrol kolesterol
Rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus. 

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

8. Menurunkan tekanan darah
Rebung mengandung banyak kalium yang sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.
lema, Rebung, rebung mentah, anda ingin tahu, aku ingin


Makan masakkan sambel rebung, sayur rebung atau Goreng lumpia isi rebung Ternyata Nikmat dan bermanfaat buat kesehatan tubuh.

Semoga BerMANFAAT, bila ada kekurangan dalam penulisan ini akan saya perbaiki dikemudian hari, Luar biasa Khasiat Rebung.

MAU TAHU Cara Daftar Mining Sidra-coin GRATIS 2 Sidra Setiap Hari KLIK DISINI >> ISLAMIC DIGITAL BANK