Deskripsi Gambar deskripsi gambar Deskripsi Gambar
+++ INDONESIA SANGAT BUTUH PERUBAHAN. FOR ADIL DAN MAKMUR BUAT SEMUA PILIH AMIN NO.1 TGL 14 Februari 2024 +++

ANDA INGIN TAHU, SUMBER LISTRIK

ADA INGIN TAHU, Dalam kehidupan sehari - hari kita dapat mengenal dua macam arus listrik, yaitu arus listrik searah atau DC ( Direct Current ) dan arus bolak - balik atau AC ( Alternating Current ). Sumber yang menghasilkan arus searah adalah akumulator ( aki ) dan batu baterai ( baterai kering ), sedangkan sumber yang menghasilkan arus bolak - balik adalah generator AC dan jaringan PLN. ANDA INGIN TAHU, SUMBER LISTRIK

a. Listrik Arus Searah ( DC ).

Listrik arus searah adalah aliran arus listrik yang konstan dati potensial tinggi ke potensial rendah. Pada umumnya ini terjadi dalam sebuah konduktor ( seperti kabel ), tetapi bisa juga terjadi dalam sebuah semi konduktor, isolator, atau juga vacum ( seperti halnya pancaran elektron atau pancaran ion ). Sumber arus listrik searah yang biasa kita kenal adalah batu baterai dan akumulator ( aki ).
  1. Batu baterai 
SUMBER LISTRIK

SUMBER LISTRIKBatu baterai bekerja berdasarkan prinsip kimia. Terdiri dari dua kutub, yaitu kutub positif berupa batang granit berbentuk silinder yang ditempatkan ditengah baterai secara melintang, dan kutub negatif berupa bagian menonjol keluar yang tertutup kuningan. Kutub negatif adalah tabung seng yang merupakan pembungkus ( casing ) baterai yang terletak dibagian bawah tabung. Isi tabung di isi dengan bahan isolasi lain. Bahan elektrolit dari baterai kering berupa bubur salmiak untuk menjadi perantar kutub positif dan kutub negatif. Zat depolisator untuk menghisap zat cair yang timbul pada kutub positip setelah terjadi proses kimia adalah batu kawi yang dimasukkan dalam sebuah kantong mengelilingi arang. Tegangan pada baterai biasanya. 1,5 volt, 4,5 volt dan 9 volt. Baterai ini banyak digunakan untuk radio, tape recorder, senter, mainan anak - anak, jam dan remote control.
     2. Akumulator
Akumulator ( aki, accu ) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi ( umumnya energi listrik ) dalam bentuk energi kimia. Ada dua jenis aki yang ada dipasaran sebagai berikut.
  • Aki basah 
SUMBER LISTRIK
Aki basah bekerja berdasarkan reaksi kimia. Energi yang tersimpan dikeluarkan dalam bentuk energi listrik, dilakukan secara berulang - ulang. Berdasarkan konstruksinya aki basah mengandung timah dan lead ferokside sebagai bahan dasar. Aki basah terdiri dari tiga elemen utama, yaitu pelat positif, pelat negatif, dan fanel separator ( pamisah dua lead ). Ketiga elemen tersebut diletakkan dalam cairan elektrolit ( sulfuric acid ) dalam satu sel. 
  • Aki kering 
SUMBER LISTRIK
Pada aki kering, larutan ektrolit sengaja dikeluarkan agar bagian dalam aki menjadi kering. Akibatnya timbul kevacuman setelah disetrum oleh pabrik pembuatnya. Aki kering tidak memerlukan pengisian ulang dan bisa dipakai selama lima tahun. 






b. Listrik Arus Bolak - Balik ( AC ).
Listrik arus bolak-balik adalah arus listrik yang besar dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, memungkinkan pengaliran energi yang paling efesien. Namun, dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang yang lain pun dapat digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga ( triangular wave )atau bentuk gelombang segi empat ( Square wave ).
Secara umum, listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya ( misalnya PLN ) ke kantor - kantor atau rumah - rumah penduduk. Namun, adapula contoh lain seperti sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel, yang juga merupakan listrik arus bolak-balik. Hampir sebagian besar peralatan elektronik menggunakan arus listrik AC dengan sumber daya listrik 220 volt/ 50 Hz dari PLN. Didalam aplikasi-aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah pengambilan informasi yang termodulasi atau terkode didalam arus bolak-balik tersebut.

SUMBER teknik autocad